_BERSUKACITALAH & MENURUTSERTAKAN DIRI UNTUK MENGHADIRKAN SERTA MEMPERTAHANKANNYA_

Saturday, December 26, 2009

INISIATIF YANG MENYELAMATKAN


PNB HKI MULIOREJO: 

ADA KESELAMATAN DALAM KRISTUS (Yesaya 65:13-16)



Dosa ialah pelanggaran terhadap hukum Allah. Pelanggaran yang berarti ketidaktaatan kepada Allah sama dengan pemberontakan. Pemberontakan adalah pernyataan terang-terangan tentang perlawanan atau permusuhan. Ketika manusia melakukan dosa, itu berarti manusia menyatakan diri bermusuhan dengan Allah. Semua manusia sudah berdosa berarti semua manusia telah menyatakan diri sebagai musuh Allah. Ketika seseorang menjadi musuh Allah, tak ada lagi yang dapat diharapkan selain penderitaan dan kebinasaan.





Ayat 3-11 memperlihatkan bagaimana perilaku umat yang memberontak kepada Allah. Mereka senantiasa menyakiti hati Allah dengan mempersembahkan korban bagi dewa Gad dan dewa Meni. Manusia yang memulai permusuhan dengan Allah seolah-olah sangat menikmati dan tidak henti-hentinya mendukakan hati-Nya. Selalu saja ada kejahatan demi kejahatan yang dilakukan oleh manusia sehingga membuat hubungan Allah dengan manusia semakin jauh.



Akan tetapi dengan kasih-Nya, Allah berinisiatif menawarkan perdamaian. Allah ingin agar manusia yang telah menyakiti hati-Nya mau datang kembali berdamai dengan Dia. Justru pada saat umat-Nya masih dalam keadaan bebal dan tidak peka rohani, Allah telah mengulurkan tangan kasih-Nya untuk menyelamatkan mereka (ayat 1-2). Ini adalah demonstrasi sifat Allah yang "penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia" (Mzm. 86:15). 



Lewat Tuhan Yesus, Allah menyatakan inisiatif-Nya yang ajaib untuk memulihkan hubungan dengan manusia yang sudah dirusak oleh dosa. Tidak ada dosa yang terlalu besar ataupun terlalu jahat yang tidak mungkin diampuni Tuhan. Namun pertobatan pun harus sunguh-sungguh, menyeluruh, dan tuntas. Maka sambutlah uluran tangan kasih-Nya dengan tangan yang sudah dibersihkan dari segala noda kejahatan. Sambutlah kasih-Nya dengan kasih yang sudah dikuduskan dan dipulihkan



KONDISI KEBERDOSAAN MANUSIA 
  1. menderita kelaparan: Ayub 18:12, Luk 6:25   
  2. menderita kehausan: Yes 3:1, Yes 41:17   
  3. mendapat malu: Yes 44:9 


INISIATIF ALLAH KITA DISELAMTKAN 
  1. mendapat berkat: Ul 29:19 bagi yang setia: Mazm 31:6; Wahy 3:14

    No comments:

    Post a Comment

    ketertarikan para sobat